BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Seiring
berjalannya waktu, setiap makhluk akan berubah. Sama halnya dengan kondisi
manusia sebagai lakon utama dalam kehidupan ini. Manusia sebagai pelaku
komunikasi terbesar di dunia ini.
Berbicara
manusia dan kehidupan sosial yang di dalamnya terjadi proses komunikasi, maka
seiring perubahan alam, komunikasi pun akan berubah. Berubah sesuai
perkembangan zaman atau lebih popular dengan istilah kekontemporeran.Sebagai
insan komunikasi, penting kiranya kita mempelajari mengenai fenomena yang
terjadi pada proses perubahan komunikasi dari dulu hingga saat ini. Tujuannya
adalah agar terwujudnya komunikasi efektif.
Maka
dari itu penulisan direct request sangat penting untuk dibahas dalam makalah yang
kami susun karena dengan terciptanya komunikasi, maka akan terciptanya hubungan
yang akrab antara komunikator dengan komunikan sehingga tujuan yang ingin
dicapai bersama akan terwujud.
B.
Rumusan Masalah
1.
Apa pengertian
Organisasi direct reques?
2.
Apa saja
permintaan informasi rutin?
4.
Bagaimana
penulisan surat undangan, pesanan dan resevasi?
5.
Apa pengertian
pesan-pesan goodnews dan goodwill?
C.
Tujuan Penulisan
1.
Untuk mengetahui
pengertian organisasi direct reques.
2.
Untuk mengetahui
permintaan informasi rutin.
4.
Untuk mengetahui
penulisan surat undangan, pesanan dan resevasi.
5.
Untuk mengetahui
pesan-pesan good news dan goodwill.
BAB
II
LANDASAN
TEORI
A.
Jurnal
No
|
Peneliti
|
Judul
|
Hasil
|
1.
|
Stevani Rozalin
Kiama
Fakultas
Ekonomi, Unesa, Kampus Ketintang Surabaya
|
“Pemanfaatan E-Mail Dalam Korespondensi Sebagai
Perwujudan Paperless Office Di Pt Telkom”
|
Portal Internal Telkom PT Telkom
memiliki dua portal yaitu portal eksternal yang dapat diakses dengan
www.telkom.co.id dan portal internal yang dapat diakses dengan
www.portal.telkom.co.id. Namun penelitian difokuskan pada Portal Internal
Telkom. Portal Internal Telkom merupakan intranet yang dimiliki PT Telkom
yang mengintegrasikan antara sistem informasi dan sistem komunikasi untuk
memudahkan karyawan dalam melaksanakan pekerjaannya.
Portal internal memanfaatkan jaringan
area lokal atau Local Area Network (LAN) untuk mengakses di komputer atau
desktop dan Speedy untuk mengakses di laptop di dalam kawasan kantor. Selain
itu, portal internal dapat diakses diluar kantor apabila laptop maupun
komputer di rumah telah diinstal program portal internal oleh divisi ISC
(Information System Center) dan tersambung dengan internet atau Wide Area
Network (WAN). Penginstalan oleh divisi ISC bertujuan untuk menjaga keamanan
portal internal. Apabila karyawan menemui kesulitan atau gangguan pada
server, LAN, atau program portal, maka karyawan dapat meminta bantuan pada
ISC dengan menghubungi nomor telepon atau mengirim pada alamat e-mail yang
tertera pada program Helpdesk. ISC menyediakan admin dan operator yang
melayani pengaduan gangguan teknis yang dialami karyawan.
|
B.
Kajian
Pustaka
a) Direct request dapat diartikan sebagai suatu kegiatan yang dilakukan
oleh seseorang atau organisasi (bisnis maupun non bisnis) kepada pihak lain
(seorang atau individu atau organisasi) untuk meminta berbagai informasi
penting dengan segera dan menggunakan
berbagai media komunikasi yang ada, termasuk media elektronik. Organisasi direct request mencakup : pembukaan, penjelasan rinci dan penutup
b) Permintaan informasi rutin adalah sebuah permintaan suatu informasi dari dalam organisasi maupun dari luar organisasi.
c) Strategi penulisan untuk permintaan rutin dan pesan
positif adalah dengan pendekatan langsung (direct
approach)
d) Dalam menyusun surat undangan, pesanan dan reservasi
juga menggunakan pendekatan langsung ( direct
approach) yaitu sering disebut juga dengan pendekatan deduktif, dimana ide
pokok diawal, kemudian diikuti bukti-bukti pendukungny. Biasanya reaksi dari
audiens akan positif dan menyenangkan jika menggunakan pendekatan ini.
e) Good news dan goodwill
adalah pesan-pesan bisnis yang memberikan kesan positif dan menyenangkan
kepada pihak lain. Goodwill adalah perasaan positif yang mendorong orang untuk
tetap menjaga hubungan bisnis lebih baik.
BAB III
PEMBAHASAN
A. Pengorganisasian
Direct Request
Direct request atau permintaan
langsung sering diartikan kurang tepat sebagai bentuk permintaan barang dan
jasa secara langsung yang dilakukan dengan tatap muka (face-to-face). Dalam konteks yang lebih luas, direct request dapat
diartikan sebagai suatu kegaitan yang dilakukan oleh seseorang atau suatu
organisasi (bisnis maupun non bisnis) kepda pihak lain (seseorang/individu atau
organisasi) untuk meminta berbagai informasi penting dengan segera dan dengan
media komunikasi yang ada, termasuk media elektronik. Sebagai contoh , suatu
organisasi tertentu mengajukan media elektronik, seperti telepon, faksimile
atau e-mail.
Ketika audiens mulai tertarik dengan
apa yang disampaikan atau paling tidak mau bekerja sama dengan komunikator,
maka pesan-pesan bisnis sebaiknya disampaikan melalui pendekatan langsung (direct approach).
Pada awal, sajikan permintaan atau
ide-ide poko (main idea) yang diikuti
fakta-fakta yang perlu secara rinci, yang selanjutnya di ikuti dengan suatu
pernyataan keramahan dari tindakan yang diinnginkan. Pendekatan ini akan
berjalan dengan baik jika permintaan yang disampaikan tidak memerlukan tatik
khusus atau persuasi.
Para pengirim direct request dapa memulai pendahuluan dengan memperkenalkan
dirinya cara yang baik untuk menyusun direct request adalah menyatakan apa yang
diinginkan pada kalimat pertama, kemudian diikuti penjelasannya.
Pada bagian pertengahan surat direct
request biasanya menjelaskan permintaan yang sebenarnya. Dan pada bagian
terakhir, nyatakan dengan jelas tindakan apa yang diinginkan, misalnya dimana
audiens dapat mencari informasi atau prodak, batas waktunya dan sebagainya.
Kemudian diakhiri dengan suatuu pernyataan yang ramah yang mengingatkan audiens
akan pentingnya permintaan tersebut.
Cara yang baik untuk menyusun direct
request adalah menyatakan apa yang diinginkan pada kalimat pertama, kemudian
diikuti penjelasannya.
1.
Pembukaan
Aturan
umum untuk bagian pertama dari direct request adalah menulis yang sekedar tidak
dipahami. Tetapi juga untuk menghindari kesalahpahaman. Oleh karena itu, pada
kalimat permulaan harus menyatakan permintaan secara lebih khusus yang
memungkinkan pembaca dengan mudah dapat memahami maksud isi surat tersebut.
2.
Penjelasan
Rinci
Agar
penjalasan terhadap hasil perkembangan kata-kata pembuka lebih lancar, perlu
membuat kalimat pertama dibagian tengah surat yang Anda buat dengan
berorientasi pada pemberian manfaat bagi mereka. Pendekatan lain yang mungkin
dapat digunakan untuk bagian pertengahan adalah membuat serangkaian pertanyaan
terutama jika permintaan anda menyangkut perlengkapan yang sangat kompleks.
Mungkin bertanya tentang spesifikasi secara teknis, dimensi, dan kegunaan suatu
produk.
Jika
permintaan anda lebih dari satu jenis, and asebaiknya membuat daftar memberi
nomor secara berurutan atau berdasarkan tingkat pentingnya. Oleh karena itu,
agar permintaan anda dapat ditangani dengan segera, perlu diingat dua hal yaitu
yang pertama buatlah pertanyaan yang langsung mengenai inti perminaannya,
kemudian yang kedua hindari meminta informasi yang sebenarnya anda bisa
memperolehnya sendiri.
Jika
anda bertanya kepada beberapa orang dengan pertanyaan yang sama, usahakan
jawabannya adalah antara “ya atau tidak”, sehingga memudahkan perhitungannya.
Anda dapat menyediakan kolom kotak kecil sebelah kiri untuk kolom jawabannya.
3.
Penutup
Bagian
penutup surat sebaiknya diisi dengan suatu permintaan beberapa tanggapan khusus, lengkap dengan batas waktunya,
dan ekpresi terhadap apresiasi ataupun pemberian goodwill. Untuk mempermudah
pembaca, cantumkan beberapa informasi penting seperti nomor telephone, jam
kerja, dan petugas yang dapat dihubungi.
B.
Permintaan Informasi Rutin
Bila anda ingin mengetahui tentang
suatu hal, untuk memperoleh opini dari seseorang atau memberi saran untuk
melakukan suatu tindakan sederhana, anda biasanya hanya perlu bertanya.
Surat-surat permintaan rutin layak memperoleh perhatian dengan bijaksana. Dalam
kebanyakan organisasi, memo dan surat-surat seperti itu dikirim ke ratusan
bahkan ribuan karyawan, konsumen, klien, dan para pemegang samah. Surat
permintaan rutin mempunyai potensi untuk membentuk suatu kesan positif atau
citra yang baik bagi suatu organisasi perusahaan. Oleh karena itu, ketika
menulis suatu surat permintaan rutin, anda harus menjaga maksud/tujuan menulis
suatu pesan dalam ingatan anda. Anda harus
bertanya pada diri sediri apa yang anda inginkan terhadap pembaca
setelah mereka memahami pesan yang anda sampaikan.
Dalam membuat surat permintaan rutin
perlu diperhatikan tiga pertanyaan berikut ini : (1) apa yang ingin diketahui; (2)
mengapa hal tersebut perlu diketahui; (3) mengapa hal ini dapat membantu. Dalam
kaitannya dengan direct request, permintaan
dapat berasal dari dalam maupun dari luar organisasi bisnis.
1. Permintaan di dalam Organisasi
Meskipun suatu permintaan dapat dilakukan
secara lisan, beberapa pesan permintaan dapat dibuat lebih permanent dalam
bentuk tertulis, seperti memo. Memo dalam bentuk tertulis akan dapat menghemat
waktu dan membantu audiens mengetahui secara tepat apa yang diinginkan. Pengiriman
memo dapat dilakukan antara karyawan dengan karyawan, antara pemimpin dengan
karyawan, antara pemimpin deng supervisor, atau antara supervisor dengan
karyawan.
Surat permintaan dalam bentuk memo
mengikuti suatu standar perencanaan langsung. Bentuk ini dimulai dengan
pernyataan yang jelas mengenai alasan penulisan, kemudian diikutii dengan penjelasan
yang lebih mendalam dan diakhiri dengan suatu tindakan yang dikehendaki. Bentuk
surat permintaan ini dilakukan di dalam organisasi perusahaan.
2. Permintaan Keluar Organisasi
Sebagai seorang pelaku bisnis
professional tentunya Anda perlu berkomunikasi dengan para pelanggan, pemasok
(supplier), dan perusahaan lain untuk berbagai keperluan bisnis. Selain itu,
banyak surat yang harus dikirim ke luar organisasi (perusahaan) untuk
memperoleh berbagai informasi penting, seperti informasi produk baru, catalog
buku-buku terbaru, keinginan untuk menjalin kerjasama bisnis, keinginan untuk
berlangganan koran, tabloid, atau majalah.
Disamping
itu, anda dapat juga memberi respon terhadap iklan yang dipasang di suatu surat
kabar. Dalam hal ini perlu diperhatikan tiga hal, yaitu : 1) dimana anda
membaca iklan tersebut (nama surat kabar, halaman, tanggal, hari, bulan tahun),
2) jelaskan apa yang anda inginkan/maksud; 3) cantumkan alamat anda yang jelas
dan lengkap untuk balasan surat anda tersebut.
Pemesanan produk baru kepada suatu perusahaann,
pengiriman produk kepada pelanggan, pemberitahuan kebijakan insentif bagi semua
karyawan, pemberian penghargaan bagi karyawan yang loyal bagi perusahaan, atau
pemberian ucapan selamat kepada karyawan/pegawai yang berprestasi baik,
merupakan kegiatan-kegiatan rutin dalam dunia bisnis.
Pengorganisasian
permintaan pesan-pesan rutin dan good news dalam dunia bisnis
pada dasarnya memiliki pola yang hampir sama dan menggunakan pendekatan
langsung atau deduktif, sebagaimana nampak dalam Tabel Pendekatan Langsung
Pesan Rutin dan Good News berikut ini :
Routine
Messages (Pesan Rutin)
|
Good
News (Berita/Kabar Baik)
|
· Pembuka
: Pernyataan ide pokok (main)
|
· Pembuka
: Pernyataan good news
|
· Pertengahan/isi
: Penjelasan rinci.
|
· Pertengahan/isi
: Penjelasan rinci
|
· Penutup
: Mengingatkan kembali ide pokok atau mencakup pemikiran penutup yang
berorientasi ke depan.
|
· Penutup
: Mengingatkan kembali good news atau mencakup pemikiran penutup yang
berorientasi ke depan.
|
Lebih lanjut,
dalam kenyataan kebanyakan kegiatan kmunikasi yang dilakukan oleh pemimpin dan
karyawan dalam suatu organisasi (bisnis dan non bisnis) berkaitan dengan
hal-hal bersifat rutin. Dengan tanpa memperhatikan saluran komunikasi apa yang
dipilih, maka pemahaman tentang bagaimana mengorganisasikan dan menulis
pesan-pesan rutin dan good news merupakan bagian penting komunikasi secara
efektif.
Pendekatan langsung
memiliki beberapa keunggulan dan kelemahan sebagai berikut :
1.
Keunggulan :
a) Meningkatkan
pemahaman secara komprehensif (menyeluruh) ketika pertama kali membaca suatu
pesan.
b) Menekankan
pada hasil suatu analisis yang telah Anda lakukan.
c) Menghemat
pesan tersebut dan juga dapat memutuskan segera pada bagian mana yang perlu
memperoleh perhatian dan yang tidak perlu perhatian seksama.
2.
Kelemahan :
a) Orang
cenderung menyampaikan suatu pesan berdasarkan cara berpikirnya.
b) Kesulitan
untuk mengubah pola pikir yang cenderung “to the point”; hal ini terkait dengan
pola pendidikan sebelumnya yang telah diajarkan sebelumnya.
a.
Strategi
Permintaan Pesan-pesan Rutin
Pada umumnya, permintaan pesan-pesan
rutin merupakan hal yang normal satau lazim dalam kegiatan bisnis. Dengan
menggunakan pendekatan langsung untuk permintaan pesan-pesan rutin, apa yang
diminta pada bagian awal/permulaan dalam penyampaian pesan-pesan bisnis
merupakan suatu hal yang perlu mendapatkan perhatian. Untuk menulis pesan-pesan
rutin, mulailah dengan pernyataan ide pokok dengan mengemukakan secara tegas
apa yang diinginkan. Usahakan pernyataan awal lebih spesifik, sehingga mudah
dipahami oleh pembaca.
Selanjutnya, ikuti penjelasan yang lebih
rinci tentang bagaimana dan apa permintaan pesan-pesan rutin yang dikehendaki,
selain itu, pada bagian pertengahan dari pesan rutin, perlu disampaikan
pernyataan yang dapat menarik perhatian pembaca sebelum penjelasan yang lebih
rinci disampaikan dalam penulisan pesan rutin.
Pendekatan lain untuk bagian pertengahan
dari permintaan rutin adalah dengan pendekatan tanya-jawab, seperti meminta
informasi tentang tentang spefikasi produk, harga produk, sisitem pengiriman
produk, cara pembayaran produk, pemberian garansi, ukuran produk, warna produk,
dan apa manfaat dan kegunaan produk.
Pada bagian akhir dari permintaan
pesan-pesan rutin kemukakan pernyatan keramahan, apresiasi/penghargaan, dan
tindakan khusus yang diiinginkan. Untuk memudahkan respons pembaca, akan lebih
baik kalau dicantumkan informasi penting yang dapat dihubungi segera, seperi
alamat kantor, nomor telepon (temasuk telepon seluler) atau alamat e-mail, jam
dari hari kerja, serta kontak informasi penting lainnya.
b.
Strategi
Penulisan Pesan-pesan Positif
Ketika sedang merespons secara positif
penyampaian pesan-pesan good news dan goodwill, seseorang dapat menggunakan
pendekatan langsung (direct approach)
hal itu dilakukan karena pembaca dan umumnya tertarik atas apa yang ingin
disampaikan tujuan yang ingin dicapai adalah mengomunikasikan good news,
menjawab semua pertanyaan, menyiapkan secara rinci apa yang diminta dan
meberikan suatu bentuk penghargaan yangbaik terhadap pihak lain, yang lebih
penting apapun bentuk permintaan yang
diinginkan , usahakan selalu sopan, ramah dan tidak emosional.
Dalam menyampaikan pesan-pesan bisnis
yang positif melalui lisan maupun tertulis, bentuk pesan-pesan yang disampaikan
akan mengikuti suatu formula yang sederhana, yaitu mulai dengan ide-ide pokok
yang jelas. Upayakan bagian awal penulisan pesan-pesan positif dimulai dengan
pernyataan yang jelas dan tegas dan mampu menarik perhatian pembaca.
Selanjutnya pada bagian pertengahan,
sampaikan penjelasan secara rinci (supporting idea). Bagian ini memiliki porsi
bahasan terbanyak dibandingkan dengan bagian awal dan akhir. Bagian akhir
pesan-pesan positif umumnya diakhiri dengan pemberian kesan yang baik atau
pernyataan keramahan (close courtesy) dan pernyataan harapan tindakan khusus
yang diinginkan oleh pembaca.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah
penjelasan tambahan yang berkaitan dengan komponen penting dalam penulisan
pesan-pesan positif.
a.
Ide-ide Pokok yang Jelas
Penulisan pesan-pesan positif yang
menggunakan pendekatan langsung pada umumnya diawali dengan (lagi-lagi)
pernyataan ide pokok yang jelas yang berkaitan dengan apa pesan-pesan postif
yang akan disampaikan kepada pembaca. Ampir semua komunikasi bisnis mempunyai
dua tujuan mendasar yaitu (1) menyampaikan informasi dan (2) mendapatkan
tanggapan atau memunculkan sikap yang menyenangkan pembaca atau paling tidak
membuat mereka mau menerima pesan-pesan yang disampaikan.
Sebelum memulai menulis suatu pesan,
coba tanyakan pada diri sendiri : pesan-pesan apa yang paling penting dan
menarik perhatian bagi pembaca? Jawaban
terhadap pertanyaan –pertanyaan tersebut akan memberikan petunjuk dalam
menyampaikan pesan-pesan yang bernada positif bagi pembaca.
b.
Penjelasan Rinci
Bagian pertengahan dari suatu
permintaan pesan-pesan rutin, good news, dan goodwill merupakan bagian yang
penting dan memiliki pors bahasan terbesar serta perlu penjelasan yang cukup
rinci. Komunikasi yang dilakukan dapat ekspresikan dengan sebuah atau dua buah
kalimat, tetapi perlu dijelaskan poin-poin secara lengkap, sehingga pembaca
tidak merasa bingung dan ragu-ragu terhadap
isi atau subtansi pesan. Di samping memberikan penjelasan yang rinci
pada bagian atau subtansii pesan. Disamping memberikan penjelasan yang rinci
pada bagian pertengahan, anda juga harus menjaga pokok bahasan yang telah
ditetapkan pada bagian-bagian awal.
c.
Penutup Surat
Pesan-pesan yang telah disampaiakn
kemungkinan akan berhasil jika pembaca memperoleh kesan-kesan yang
menyenangkan, atau paling tidak mereka dapat menerima pesan-pesan yang
disampaikan dengan baik. Yakinkan kepada pembaca bahwa mereka tahu apa yang
akan dilakukan suatu organisasi bisnis, dan mereka tahu bahwa tindakan tersebut
memberi manfaat bagi mereka. Lagi pula, yang tak boleh dilupakan adalah akhiri
bagian penutup surat dengan suatu pernyataan sikap keramahan dan kesopanan sebagai
sebuah bentuk apresiasi (penghargaan penghormatan) yang diberikan kepada orang
lain. Kalau anda merasa senang ketika orang lain menghargai ide atau gagasan
anda, maka berlatihlah untuk menghargai orang lain !
D. Surat Undangan, Pesanan, Dan Reservasi
Pada umumnya pendekatan yang
digunakan dalam menyusun surat undangan, pesanan, dan reservasi adalah
pendekatan langsung (direct approach).
1.
Surat
Undangan
Penulisan
surat undangan biasanya menggunakan pendekatan luangsung. Dalam hal ini,
pendekatan langsung mencangkup tiga komponen, yaitu ide pokok (main idea), penjelasan rinci (explanations), dan penutup (close courtesy).
Ide
pokok dalam paragraf pertama berisi undangan. Selanjutnya diikuti dengan
penjelasan yang lebih rinci tentang ide pokok diawal surat tersebut berikutnya
diakhiri dengan penutup yang berisi suatu harapan atau tindakan yang diinginkan
dan ucapan terima kasih.
2.
Surat
Pesanan dan Reservasi
Ketika
perusahaan Anda melakukan pemesanan (order) produk kepada perusahan lain, maka
perusahaan tersebut dapat menulis surat pesanan dengan menggunakan pendekatan
langsung (direct approach).
Surat
pesanan paling tidak mencakup tiga komponen penting yaitu : pernyataan rinci
apa yang Anda pesan, metode pengirimannya, dan cara pembayarannya. Kemukakan
secara jelas kuantitas/ jumlah produk yang anda pesan, ukuran, warna, gaya
(style) harga pembayaran , lokasi pemesan, tanggal pengiriman dan petunjuk
khusus lainnya.
Pesan-pesan good news dan goodwill adalah pesan-pesan
bisnis yang memberikan kesan positif dan menyenangkan kepada pihak lain.
Melalui pesan-pesan good news dan goodwill, para pelaku bisnis dapat melakukan
berbagai upaya untuk mengembangkan dan menjaga hubungan yang baik dengan para
pelanggan, klien, karyawan/pegawai, dan masyarakat publik pada umumnya. Apalagi
dalam dunia bisnis seperti sekarang ini yang cenderung bebas dan persaingannya
semakin ketat, terbuka dan mengglobal, menjaga relasi dengan para pelanggannya
memiliki arti yang sangat penting bagi dunia bisnis.
a. Good
News tentang Pekerjaan
Bagaimana mendapatkan pelamar kerja
yang cocok dan memilih orang-orang yang tepat unuk pengisian lowongan kerja
merupakan pekerjaan yang tidak mudah. Oleh karena itu, suatu organisasi yang
membutuhkan karyawan baru harus betul-betul melakukan proses seleksi dan
rekrutmen secara tepat sesuai dengan yang dikehendaki. Apalagi kalau kita
perhatikan di lapangan, fakta menunjukkan bahwa para pelamar kerja sering kali
jauh lebih banyak dari pada posisi pekerjaan yang akan dipilih. Dalam dunia
bisnis, terdapat beberapa contoh good news yang berkaitan dengan masalah
pekerjaan, baik yang berbentuk finansial maupun nonfinansial, antara lain
seperti dalam tabel berikut :
Finansial
|
Nonfinansial
|
Kenaikan gaji
|
Promosi jabatan
|
Banus lembur kerja
|
Tandan penghargaan
|
Insentif
|
Fasilitas kendaraan dan
perumahan
|
Tunjangan hari raya
|
Proposal (usulan) suatu
proyek diterima
|
Kredit dengan bunga
sangat ringan
|
|
Asuransi kesehatan dan
jiwa
|
b. Good
News tentang Produk
Untuk menjaga para pelanggannya,
perusahaan dapat mengembangkan strategi bisnisnya dengan penetapan harga produk
yang kompetetif, produk yang berkualitas, pemilihan metode promosi yang tepat,
dan pemilihan saluran distribusi yang tepat pula.
Dalam dunia bisnis yang riil di
lapangan, dapat dijumpai bermacam-macam good news yang berkaitan dengan produk,
antara lain :
a) Pemberian
diskon harga produk hingga 50%.
b) Sistem
beli 3 produk dapat tambahan 1 produk gratis (buy 2 get 1 free).
c) Pembelian
kupun diskon harga produk.
d) Membeli
produk dalam jumlah tertentu memperoleh hadiah langsung maupun diundi (seperti
: kalender tahun baru, gelas, mangkuk, piring, kaos, gantungan kunci, dll).
e) Jaminan
layanan (garansi) produk hingga tiga tahun.
f) Produk
rusak uang kembali atau di tukar dengan produk yang baik
c. Pesan-pesan
Goodwill
Goodwill adalah suatu perasaan positif
yang dapat mendorong orang untuk menjaga hubungan bisnis. Pelaku bisnis dapat
mendrong hubungan baik dengan berbagai pihak seperti pelanggan, pemasok, atau
pelaku bisnis lainnya dengan penyampaian pesan-pesan secara bersahabat yang
secara tak langsung berkaitan dengan tujuan bisnis.
Pesan-pesan goodwill dapat disampaikan
melalui pemberian ucapan selamat kepada karyawan/pegawainya atau pihak lain,
seperti : naik pangkat atau jabatan, diangkat sebagai pemimpin suatu asosiasi
organisasi bisnis, dan sejenisnya. Penyampaian ucapan selamat oleh pimpinan
perusahaan kepada para pelanggan maupun pemasok, seperti ucapan selamat ulang
tahun, ucapan selamat atas penyelesaian studi, ucapan selamat atas kesuksesan
nonbisnis, merupakan hal yang baik untuk menjaga hubungan baik diantara mereka.
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Direct request atau permintaan langsung sering diartikan
kurang tepat sebagai bentuk permintaan barang dan jasa secara langsung yang
dilakukan dengan tatap muka (face-to-face). Ada tiga cara yang baik menyusun
Direct request yaitu : Pembukaan, penjelasan rinci, penutup.
Dalam membuat
surat permintaan rutin perlu diperhatikan tiga pertanyaan berikut ini : apa
yang ingin diketahui, mengapa hal tersebut perlu diketahui, mengapa hal ini
dapat membantu.
Strategi Permintaan Pesan-pesan Rutin pada umumnya, permintaan
pesan-pesan rutin merupakan hal yang normal satau lazim dalam kegiatan bisnis.
Dengan menggunakan pendekatan langsung untuk permintaan pesan-pesan rutin, apa
yang diminta pada bagian awal/permulaan dalam penyampaian pesan-pesan bisnis
merupakan suatu hal yang perlu mendapatkan perhatian. Strategi Penulisan Pesan-pesan Positif Dalam menyampaikan
pesan-pesan bisnis yang positif melalui lisan maupun tertulis, bentuk
pesan-pesan yang disampaikan akan mengikuti suatu formula yang sederhana, yaitu
mulai dengan ide-ide pokok yang jelas. Upayakan bagian awal penulisan
pesan-pesan positif dimulai dengan pernyataan yang jelas dan tegas dan mampu
menarik perhatian pembaca.
Pada
umumnya pendekatan yang digunakan dalam menyusun surat undangan, pesanan, dan reservasi
adalah pendekatan langsung (direct approach).
Pesan-pesan
good news dan goodwill adalah pesan-pesan bisnis yang memberikan kesan positif
dan menyenangkan kepada pihak lain. Melalui pesan-pesan good news dan goodwill,
para pelaku bisnis dapat melakukan berbagai upaya untuk mengembangkan dan
menjaga hubungan yang baik dengan para pelanggan, klien, karyawan/pegawai, dan
masyarakat publik pada umumnya.
B.
Saran
1. Dalam
direct requess atau permintaan langsung cara yang baik untuk menyusunnya yaitu menyatakan apa yang diinginkan pada
kalimat pertama, kemudian diikuti penjelasannya. Yang mudah dipahami oleh
penerima pesan.
2. Permintaan informasi rutin harus
jelas dan mudah dipahami oleh penerima informasi.
3. Untuk menulis pesan-pesan rutin
mulailah dengan pernyataan ide pokok dengan penyampaian yang tegas apa yang di
inginkan. Dan mudah dipahami oleh pembaca.
4. Dalam penulisan Surat undangan harus
menggunakan ide pokok, penjelasan isi dan penutup. Sedangkan dalam pesanan dan
reservasi hal yang penting yaitu pernyataan rinci apa yang Anda pesan, metode
pengirimannya, dan cara pembayarannya
5. Para
pelaku bisnis harus melakukan berbagai upaya untuk mengembangkan dan menjaga
hubungan yang baik dengan para pelanggan, klien, karyawan/pegawai, dan
masyarakat publik pada umumnya.
DAFTAR PUSTAKA
PurwantoDjoko,Komunikasi
Bisnis Edisi Empat,Jakarta:Penerbit Erlangga,2011
Sumber Internet :